Electricity Lightning BRN CRUIZER: Cara Mengakali Keylogger

Cara Mengakali Keylogger






Bayangkan jika setiap penekanan tombol keyboard yang anda lakukan erekam dengan diam-diam untuk kemudian dilihat oleh sesorang, tentu hal yang menjengkelkan bukan? hal inilah yang dilakukan tools dalam kategori keylogger. Cukup banyak software kategori keylogger yang dapat anda dapatkan di internet dengan nama-nama yang naeh dan seram. Bayangkan apa akibat yang terjadi jika sebuah software keylogger beraksi, mungkin tanpa sengaja anda telah menyerahkan nomor kartu kredit, password e-mail, surat cinta, curhat dan apapun yang telah anda ketikkan pada keyboard.


Pada umumnya program keylogger akan bersembunyi pada background sehingga tidak mudah dideteksi keberadaannya, setiap penekanan tombol keyboard direkam dalam sebuah file ataupun dikirim pada pemasang program. Jika komputer yang digunakan bukan komputer anda, tentu mudah untuk memasang program keylogger. Tetapi tidak berarti komputer pribadi anda yang terkunci dalam kamar aman dari keylogger, keylogger dapat masih terinstall pada background melalui jenis malware atau rootkit, atau jika seseorang dapar menguasai komputer anda secara remote.
Jika anda cukup paranoid, kebetulan berada di warnet dan menganngap komputer yang sedang digunakan terpasang keylogger, maka anda dapat berkreasi (kurang kerjaan) mengakali keylogger dengan mengetikkan huruf a sampai z pada notepad, kemudian menggunakan mouse utnuk menyorot huruf dan melakukan copy paste huruf demi huruf yang ingin anda tulis. :p
Apakah tidak ada cara yang lebih terhormat selain cara aneh diatas yang membuat anda menjadi pusat perhatian seluruh pengunjung warnet? untungnya ada, yaitu anda dapat menggunakan virtual keyboard (on-screen keyboard) yang disediakan windows yang terletak pada menu Start – All Programs – Accesories – On Screen Keyboard.
Apakah permasalahan telah selesai? ternyata belum karena ternyata pembuat software semakin berkembang dan tidak saja dapat merekam penekanan tombol. Tetapi bisa jadi juga mengambil capture layar secara diam-diam. Sebagai solusinya terdapat software anti keylogger yang umumnya melakukan block atau mendeteksi aktifitas keylogger, juga melakukan block terhadap screen capture.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar